Gallery

Jadwal Imunisasi 2011 Rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)


About these ads

42 responses to “Jadwal Imunisasi 2011 Rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)

  1. untuk campak dan dpt ulangan itu harus 5 tahun atau dibawah usia itu juga bisa? karena hari ini,26 oktober 2011, anak saya usia 3thn 8 bln, mendapat imunisasi diatas, karena kondisinya yg sedang pilek dan batuk ringan saya urung imuniasasi, tetapi bidan di posyandu mengatakan boleh asal tidak demam/panas?akhirnya anak saya pun diimunisasi.
    Tepatkah tindakan saya tersebut?
    apakah pedoman jadwal imunisasi dan umur pemberiannya berbeda2?
    Mohon informasinya.Terima kasih

    • Selamat pagi,

      Untuk imunisasi Campak dapat diberikan kepada bayi atau balita usia 9 – 59 bulan. jika kondisi hanya pilek dan batuk biasanya masih bisa diberikan imunisasi. biasanya tenaga kesehatan akan memeriksa kembali kondisi anak saat akan diberikan imunisasi.

      Imunisasi DTP diberikan kepada bayi atau balita usia minimal 6 minggu – 2 bulan kemudian dilanjutkan pada usia 4 bulan dan 6 bulan. setelah itu kembali diulang pada usia18 bulan.
      Vaksin DTP tersebut dianjurkan diberikan kembali pada anak usia 5 tahun dan 12 tahun. Jika jadwal imunisasi tersebut sudah terlewati ibu tidak perlu khawatir. lakukan saja imunisasi sesuai dengan jadwal usia bayi atau balita ibu. contoh anak ibu sekarang usianya 3 tahun 8 bln, ibu tidak perlu menambahkan imunisasi DTP untuk usia yang sebelumnya. Memang akan lebih baik bila bayi atau balita diimunisasi sesuai jadwalnya.

      Kondisi anak ibu yang mengalami pilek dan batuk masih bisa diberikan imunisasi. jadi yang diungkapkan oleh bidan di posyandu memang betul. tindakan ibu sudah tepat dengan memberikan imunisasi kepada anaknya. Usahakan semua pemberian imunisasi tersebut sesuai dengan jadwalnya. Pedoman jadwal imunisasi sama bu tidak ada yg berbeda seperti yang dikeluarkan oleh IDAI. untuk umur memang disesuaikan dengan jenis vaksin yang akan diberikan dan kondisi kesehatan dari bayi atau balita.

      semoga jawabannya bermanfaat

      terima kasih

  2. apa ada bedanya antara jadwal taun 2010 dengan 2011

  3. Klo misal kena campak usia 9 bln, masih perlu imunisasi campak g?
    Mohon informasinya.Terima kasih

  4. Selamat pagi, anak saya umur skrg 15bln keadaannya pilek batuk ringan dan byk dahak. Boleh gak divaksinasi IPD?

  5. Selamat siang,

    anak saya saya umur 12m1w sudah imunisasi varicella. Hari ini umurnya 13m2w. Perlukah booster varicella dalam waktu dekat ? Saya pernah baca bahwa booster varicella bisa dilakukan dalam satu bulan sesudah shoot pertama, betulkah ?

    • Selamat sore,

      Vaksin Varicella diberikan pada tingkat umur, yaitu :
      - dosis I : pada umur 12 – 15 bulan
      - dosis II : pada umur 4 – 6 tahun (vaksin ini dapat diberikan lebih cepat, setidaknya 3 bulan setelah pemberian dosis pertama)

      semoga bermanfaat

      terima kasih

  6. kapan imunisasi ipd sebaiknya diberikan ?

    • Selamat pagi,

      Pemberian vaksin IPD sebaiknya diberikan sebanyak 4 kali, yaitu pada saat bayi berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan diulang kembali pada usia 12 bulan. Pemberian vaksin IPD pun aman jika diberikan bersamaan dengan vaksin yang lain, seperti vaksin Hib, MMR maupun Hepatitis B.

      Selain pencegahan dengan imunisasi, jangan lupa untuk menjaga keseimbangan nutrisi agar anak memiliki daya tahan tubuh yang baik.

      semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

      terima kasih

    • Selamat pagi,

      sebagai informasi tambahan lainnya terkait pemberian vaksin IPD

      Mengingat anak-anak di bawah usia 1 tahun memiliki risiko paling tinggi menderita IPD, maka amat dianjurkan pemberian imunisasi IPD sedini mungkin, yakni pada usia 2 bulan.
      Bila vaksin tersebut diberikan pada usia kurang dari 6 bulan, maka vaksinasi dasar diberikan 3 kali dengan jarak 2 bulan dan penguat/ulangan (booster) pada usia 12 – 15 bulan, sehingga total menjadi 4 kali.
      Bila diberikan pada usia 6 – 12 bulan, maka vaksinasi dasar diberikan 2 kali selang 2 bulan, dan penguat seperti di atas, sehingga total diberikan 3 kali.
      Bila vaksinasi pertama dilakukan pada usia 12 – 24 bulan, maka cukup diberikan vaksinasi dasar tanpa penguat, jadi total 2 kali.
      Bila usia pertama vaksinasi lebih dari 24 bulan, maka cukup diberikan 1 kali saja.

      semoga informasi tambahan ini semakin bermanfaat.

      terima kasih

  7. Selamat sore, saya mau ty bbrp wkt lalu dikenal dg lima imunisasi lengkap….Dipuskemas ato posyandu( BCG, polio, hepatitis b, DPTdan campak) Apa saat ini rekomendasi itu sudah berubah?? seperti di rumah sakit2 disarankan untuk imunisasi pneumococcus, influenza, MMR,dll…apakah inijuga wajib?? Karena setau saya selain lima imunisasi wajib itu tidak tersedia dipuskesmas maupun posyandu. Terima kasih

    • Selamat pagi,

      Untuk BCG, Polio, Hepatitis B, DPT, dan Campak merupakan imunisasi wajib yang termasuk ke dalam program imunisasi nasional dari pemerintah. Program ini untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit-penyakit menular yang masih mewabah di Indonesia sampai dengan saat ini. Pelayanan imunisasi wajib ini tersedia di puskesmas atau posyandu. Sedangkan untuk pneumococcus,influenza, MMR, dan yang lainnya merupakan imunisasi tambahan. Jika Anda ingin memberikan imunisasi tambahan tidak jadi masalah. Yang penting dan utama Anda tetap melakukan imunisasi sebagai tindakan preventif bagi anak atau balita Anda dari penyakit menular.

      semoga informasi ini bermanfaat.

      terima kasih

  8. anak saya divonis menderita infeksi paru-paru kemudian dokter anaknya memberikan antibiotik cefixima dan obat lain,,,,keadaan bayi saya yang berumur 3 bulan lebih skrg sudah baikan,,,,,,apakah perlu menurut anda anak saya untuk ditest mantug agar mengetahui apakah dia terkena tbc atau tdk??? krn saya menanyakan pada dokter anaknya hal itu tdk diperlukan,,,,,,lalu apakah saya perlu imunisasi IPD dan HIB untuk penyakit yang berhubungan dengan infeksi paru-paru??? thanks

    • selamat pagi..

      Sebelumnya saya ingin tahu infeksi paru-paru yang di alami anak ibu karena apa?

      terimakasih..

    • Selamat siang,
      Jika memang anak ibu menunjukan ada gejala TBC sebaiknya tes tes Mantoux. Tapi jika anak ibu tidak ada gejala TBC tidak perlu. Tes Mantoux dilakukan jika anak Anda menunjukkan gejala seperti berikut :
      1. Memiliki masalah dengan makanan dan berat badan yang kurang sesuai dengan rata-rata anak seusianya
      2. Mudah terserang penyakit
      3. Lemah, letih, lesua dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas
      4. Batuk berulang-ulang diawal dengan batuk kering kemudian lama-kelamaan berlendir dan berlangsung selama 2 minggu lebih.
      5. Muncul benjolan di leher dan di atas tulang selangkangan dikarenakan pembesaran kelenjar getah bening
      6. Demam dan berkeringat di malam hari
      7. Diare persisten

      Jika anak Anda positif mengidap TBC segeralah diberikan pengobatan.

      semoga informasinya bermanfaat

      terima kasih

  9. Selamat pagi,
    anak saya skrg umurnya 3 bln 5 hari, sudah mendapatkan imunisasi Hb 0, BCG dan polio 1 pd umur 2 bulan, DPT 1 dan polio 2 pada umur 3 bulan dan akan dilanjutkan vaksin DPT 2 dan DPT 3 pada usia 4 dan 5 bulan, ini sesuai dengan informasi tenaga medis di puskesmas. Apakah jadwal pemberian imunisasinya sudah tepat? Krn kalau melihat jdwal imunisasi 2011 rekomendasi IDAI, pemberian vaksin DPT diberikan pada bayi usia 2, 4 dan 6 bulan. Terima kasih atas jawabannya.

  10. selamat siang,
    anak saya usia 5 bln 4 hr imunisasi wajibnya sudah selesai tinggal campak, klau ingin imunisasi tambahan bagaimana? padahal bila sesuai IDAI harusnya usia 2 bln sudah mendapatkan Hib & pneumokokus???thxs

    • Selamat siang,

      Silakan saja untuk imunisasi tambahannya dilakukan. agar proteksi untuk anak Anda terhadap berbagai penyakit menular semakin baik. Jangan lupa konsultasikan juga hal tersebut dengan dokter spesialis anak atau tenaga medis.

      terima kasih

  11. selamat pagi,
    mau tanya apakah imunisasi influenza diberikan 2x yah? karena anak saya masih dibawah 1 thn. yg pertama sudah diberikan pada usia 8 bln. dan sekarang mau 11 bulan utk imunisasi influenza yg ke 2. karena saya lihat di tabel imunisasi tertera diberikan setahun sekali. mohon informasinya. terima kasih.

    • Selamat sore,

      Ibu vero, vaksin influenza jenis apa yang diberikan kepada anak ibu? Untuk anak-anak memang diberikan dosis 2 kali dengan interval waktu 1-2 bulan.

      terima kasih

  12. Dear Mbak Eli.
    Anak saya perempuan, saat ini berumur 5 tahun 7 bulan. Di jadwal imunisasi pada kartu KMS milik anak saya, seharusnya dia sudah mendapat imunisasi Polio ulangan II dan imunisasi D.P.T ulangan II pada usia 5 tahun. Namun sampai saat ini anak saya belum mendapatkan kedua imunisasi ulangan tersebut di atas. Pertanyaan saya, apakah tidak apa-apa apabila kedua imunisasi tersebut dilakukan saat ini (sudah lewat 7 bulan dari jadwal seharusnya) ?
    Terima kasiih banyak Mbak….
    Salam,
    Emma-Bandung

    • Selamat sore,

      Anda dapat segera datang ke dokter anak, puskesmas atau pusat pelayanan imunisasi setempat untuk mendapatkan imunisasi tersebut. Sehingga, para tenaga medis tersebut dapat menyusun kembali jadwal imunisasi yang baru untuk anak Anda. Selain itu, Anda tolong cek kembali kelengkapan imunisasi mana saja yang belum dipenuhi.

      demikian informasi yang dapat Kami sampaikan, semoga informasinya dapat bermanfaat bagi Anda.

      terima kasih

  13. selamat malam,
    bagaimana jika DPT di berikan pada bayi pada saat usia kurang dari 2 bulan ? dan apa dampaknya ?
    terima kasih,

    • Selamat pagi,

      Vaksin DPT diberikan saat anak berusia 2, 4, dan 6 bulan. Jadwal pemberian imunisasi diberikan dengan melihat beberapa aspek, yaitu usia berapa seorang anak memiliki respon imunologi (respon untuk membentuk antibodi) yang paling tepat. Sampai usia 2 bulan, bayi masih memiliki antibodi ibu (maternal antibodi) yang disalurkan lewat ASI. Antibodi pada bayi masih tinggi, sehingga jika bayi diberi antibodi terlalu dini tidak akan efektif. Minimal di usia 2 bulan baru vaksin ini diberikan.

      semoga informasinya bermanfaat

      terima kasih

  14. anak saya berumur 2 tahun 4 bulan,imunisasi apa yang pas dengan umurnya.terimakasih

    • Selamat Pagi,

      berdasarkan Jadwal Imunisasi IDAI 2011, untuk anak ibu yang berumur 2 tahun sebaiknya dilakukan imunisasi polio, imunisasi DTP, imunisasi influenza, imunisasi tifoid, imunisasi Hepatitis A, dan imunisasi varisela. Sebaiknya, anak ibu segera dibawa ke dokter anak dan dikonsultasikan serta jangan lupa bawa Buku Imunisasi-nya.

      terima kasih

  15. selamat siang, aku mau tanya .. anakku umur 19bulan, kemarin aku lupa untuk imunisasi dtp+hib nya, apakah skrng masih bisa atau diberikan pas umur 24bulan?terimakasih

  16. selamat malam, mau tanya anak saya sudah 9 bulan rencana mau imunisasi campak tapi berat badanya kurang (bawah garis merah), tapi sehat-sehat saja, bolehkah diimunisasi campak? terimakasih..

    • Selamat pagi,

      Salah satu syarat pemberian imunisasi kepada bayi, balita atau anak dalam kondisi sehat. Jika anak Bunda memiliki berat badan yang kurang ideal sebaiknya itu dikonsultasikan dengan dokter spesialis anak atau gizi apakah memungkinkan pemberian imunisasi.

      Terima KAsih

  17. Selamat malam,
    Anak saya sekarang berumur 7 bulan dan belum imunisasi DPT/polio 4 karena setiap akan diimunisasi selalu kulitnya merah-merah. oleh bidan tdk berani beri imunisasi. apakah diusia 7 bulan msh bisa imunisasi DPT/polio?

    terima kasih…

    • Selamat pagi,

      Bunda pemberian vaksin yang terlambat tersebut bisa segera diberikan dengan catatan sudah ada pemeriksaan sebelumnya dari dokter spesialis anak atau dokter spesialis kulit terkait kondisi anak yang mengalami kulit kemerahan setelah diimunisasi. Dikhawatirkan anak bunda memiliki alergi, jadi lebih baik dipastikan kepada ahlinya.

      Terima Kasih

  18. Saya ingin tanya,bagaimana efeknya jika bayi diberikan imunisasi yang belum waktunya?misalnya imunisasi campak untuk 9 bulan,diberikan pada bayi usia 2-3 bulan.atau misalkan vaksin tifoid untuk usia 2 tahun tapi sudah diberikan untuk bayi usia 6 bulan?apakah berbahaya?terimakasih

    • Selamat pagi,

      Bunda sebaiknya pemberian imunisasi tersebut sesuai dengan umur anak atau balita yang sesuai dengan yang tercantum dalam jadwal imunisasi. Jika diberikan sebelum umurnya dikhawatirkan kondisi anak atau balita belum siap. Sebaiknya halnya ini dikonsultasikan kembali dengan dokter spesialis anak.

      Terima Kasih

  19. Nunuk Ari Setyawati

    untuk imunisasi BCG, DPT, POLIO kl umurnya dah melebihi gmn masalahnya anak saya dah umur 5 bulan tp blm imunisasi BCG, DPT, POLIO, itu bagaimana?mohon penjelasannya

    • Selamat pagi,

      Jika bunda terlambat memberikan imunisasi kepada anak tidak perlu khawatir. Dalam pemberian imunisasi tidak ada istilah hangus. Jadi, Bunda dapat segera memberikan imunisasi yang terlambat tersebut. Bunda bisa mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter spesialis anak.

      Terima Kasih

  20. Selamat Pagi,
    Anak saya perempuan sekarang bbrp hari lagi akan memasuki 2 bulan.
    Wkt imun DPT, HIB & Polio tgl 5 Sep 2012, untuk ulangan ke-2 blm di imun karena lagi batuk ringan.
    Apakah tidak bermasalah apabila sudah lewat wktnya? krn sesuai jadwal berikan pada tenggang 2, 4 dan 6 bulan.
    Terima kasih atas pencerahannya.

    • Selamat pagi,

      Bunda jika kondisi sakit anak tidak perlu parah sebenarnya imunisasi dapat diberikan dengan catatan tidak sedang mengalami demam tinggi. Untuk kepastiaan hal tersebut bunda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

      Terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s