Ilmuwan Penemu Hepatitis C Ciptakan Vaksin Cegah Kerusakan Hati


Vancouver, Kanada, Ilmuwan yang berhasil menemukan hepatitis C pada tahun 1989 kini berhasil menciptakan sebuah vaksin yang bisa mencegah kerusakan di hati dengan cara menghancurkan virus penyebabnya.

Michael Houghton dari University of Alberta mengungkapkan bahwa vaksin ini dikembangkan dari strain (jenis) tunggal tapi bisa digunakan secara universal karena efektif terhadap semua strain virus penyebab penyakit hati. Dr Houghton mulai melakukan penelitian ini sejak 10 tahun yang lalu ketika ia bekerja di perusahaan obat.

Hepatitis C merupakan suatu kondisi yang biasanya tidak disadari oleh pasien, karena gejala akan muncul jika kondisi tubuh sudah semakin memburuk. Jika tidak diobati dengan benar bisa menyebabkan parut pada hati dan akhirnya memicu sirosis yang dapat mengancam jiwa.

Selain itu kondisi ini tidak bisa diprediksi, karena beberapa orang mungkin masih bisa hidup karena hanya memiliki gejala ringan, tapi yang lainnya bisa mengembangkan penyakit hati parah yang membutuhkan perawatan.

Saat ini tidak ada vaksin yang bisa digunakan untuk mencegah hepatitis C karena virus ini secara genetik amat variatif dan memiliki angka mutasi tinggi, sehingga memungkinkan generasi virus yang beraneka ragam.

Tapi Dr Houghton mengungkapkan dalam Canada Excellence Research Chairs Summit di Vancouver bahwa ia dan timnya hanya membutuhkan waktu 5 tahun lagi untuk bisa menciptakan vaksin yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mencegah kerusakan hati.

Dr Houghton dan rekannya John Law menemukan sebuah strain virus tunggal yang bisa menetralkan antibodi terhadap semua strain virus yang berbeda. Diharapkan nantinya virus ini bisa mencegah terjadinya kerusakan di hati.

“Hasil ini benar-benar mendorong pengembangan lebih lanjut dari vaksin tersebut dan menjadi sebuah langkah besar ke depan untuk bidang HCV vaccinology,” ujar Dr Houghton, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (24/2/2012).

Hepatitis secara harfiah berarti radang hati yang biasanya disebabkan oleh virus, meskipun kelebihan alkohol juga bisa menyebabkan kondisi ini. Jenis peradangan hati yang paling umum adalah hepatitis A, B dan C.

Hepatitis C mempunyai tingkat keparahan yang paling tinggi dibanding Hepatitis A dan B. Diperkirakan ratusan ribu orang terinfeksi hepatitis C setiap tahunnya di seluruh dunia dan sekitar 20-30 persennya mengembangkan beberapa bentuk penyakit hati. (ver/ir)

link : http://health.detik.com/read/2012/02/24/085637/1850488/763/ilmuwan-penemu-hepatitis-c-ciptakan-vaksin-cegah-kerusakan-hati

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s