Usaha Bio Farma dalam Mencapai Penerapan Integritas


Pasteur – PT Bio Farma (Persero) kembali mengadakan training mengenai internal control, bagi para Kepala Divisi dan Kepala Bagian/Ahli Madya. Training  dimaksudkan untuk “Sosialisasi KEPMEN BUMN No. 117/M-MBU/2002 dan PP No. 60 Tahun 2008”. Training yang diselenggarakan di Gedung Administrasi Baru Lt. 1 (08/02) ini sendiri diikuti oleh ± 98 orang.

Salah satu materi yang disampaikan dalam training ini adalah “Implementasi Pengendalian Internal dengan Framework : COSO” oleh Drs. Dodi Syaripudin, MBA., Ak. Implementasi pengendalian Internal ini terkait dengan pelaksanaan KEPMEN BUMN No. 117/M-MBU/2002 tentang penerapan praktek GCG pada BUMN dan PP No. 60 Tahun 2008 tentang pengendalian internal. Pengendalian internal ini perlu disosialisasikan di lingkungan perusahaan agar terciptanya tata kelola perusahaan yang bersih dan professional sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat serta investor kepada perusahaan.

Dody Syaripudin mengharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, para pimpinan perusahaan di setiap level mampu memahami mengenai pengendalian internal. Disela-sela break makan siang Dody pun sempat berbagi beberapa tips mengenai pencapaian penerapan integritas kepada Bio Magz. Pria yang pernah bekerja selama 20 tahun di BPK ini mengungkap bahwa ada lima tips dalam mencapai penerapan integritas, yaitu :

  1. Adanya contoh dari Senior Management atau pimpinan (tone at the top);
  2. Adanya aturan yang sifatnya memaksa (pakta integritas);
  3. Adanya sanksi bagi yang melakukan pelanggaran integritas (reward and punishment);
  4. Adanya panduan perilaku yang memberi kesadaran diri (code of conduct);
  5. Adanya program whistle blowing.

 

Pria yang aktif juga sebagai konsultan ini pun menilai bahwa Bio Farma telah berhasil dan cukup bagus dalam melakukan pengendalian internal serta lebih maju dalam implementasi Enterprise Risk Management. Hal ini dia buktikan dengan melihat kondisi Bio Farma saat ini. Meskipun ke depan, dia pun mengharapkan Bio Farma dapat terus melakukan perbaikan-perbaikan sehingga mampu meningkatkan performa perusahaan menjadi lebih baik lagi. @biomagz-feb-11

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s