Gallery

Awas Kehidupan Pribadi Hilang Karena BlackBerry


Semenjak adanya BlackBerry (BB), berkomunikasi dengan klien, kolega, teman dan keluarga tidak pernah semudah saat ini. Namun, berkat kecanggihan dan kemudahan saling berhubungan antar sesama mengakibatkan kecenderungan yang kurang bagus untuk kehidupan pribadi.
BB memang membawa keuntungan dalam dunia pekerjaan. Bekerja menjadi lebih cepat dan efisien. Memudahkan karyawan untuk mentransfer data dan meresponnya dengan cepat. BB juga membuat komunikasi dengan klien menjadi lebih efisien tanpa harus perlu bertatap muka.
Namun, dengan adanya BB, para pekerja menjadi tidak ada waktu untuk santai. Mereka dituntut kerja dengan cepat, tak terkecuali pada malam hari dan akhir pekan. Karena kemudahan BB yang dapat terus menerus menerima email pekerjaan, Anda menjadi tidak dapat menikmati waktu berlibur di akhir pekan. Lalu bagaimana karyawan menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan karena BlackBerry. Berikut tipsnya dari Suite101.
1. Hindari merespon email pekerjaan menjelang waktu tidur. Menanggapi email sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur. Begitupun pada akhir pekan, sebaiknya tidak menanggapi email yang berhubungan dengan pekerjaan. Akhir pekan merupakan waktu yang harus dimanfaatkan untuk diri sendiri dan keluarga. Setiap individu membutuhkan refreshing untuk menghindari stres.
2. Belajarlah untuk tidak menanggapi email dengan cepat, apalagi jika email yang masuk kurang penting. Terus-menerus menanggapi email melalui BB dapat berdampak pada kualitas kerja Anda. Misalkan, Anda harus meeting atau presentasi dengan klien, kemudian ada email kantor masuk. Sebaiknya tidak usah direspon jika tidak terlalu penting. Menanggapi email yang terlalu sering dapat mengganggu konsentrasi Anda jelang meeting atau presentasi.
3. Cara teraman untuk menjauhkan rasa bersalah karena tidak membalas email atau BBM adalah dengan mematikan BB. Dengan mematikan BB menjelang tidur malam dan juga di akhir pekan, Anda akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan terbebas dari gangguan pekerjaan.
4. Begitu pun pada pagi hari. Hindari memulai aktivitas pada pagi hari dengan membalas email atau BBM. Hal ini dapat merusak mood pagi Anda. Daripada langsung menjangkau BB, lebih baik lakukan olahraga kecil. Setelah mandi dan sarapan, baru Anda bisa kembali meraih BB dan memulai aktivitas kerja. (kik/kik)

 

Link : http://www.wolipop.com/read/2011/04/29/113248/1628438/1133/awas-kehidupan-pribadi-hilang-karena-blackberry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s