Tips Hemat BBM


BAGI Anda yang banyak berkendara atau memiliki mobil yang boros, kenaikan harga bahan bakar mungkin akan menjadi masalah besar. Tetapi tidak seharusnya seperti itu. Kita bisa menerapkan kiat-kiat untuk mengurangi pengeluaran dengan cara mengemudi yang lebih cerdas dan bijak. Sebaiknya pertimbangkan dulu tips dibawah ini :

Jadikan gaya mengemudi Anda halus, berakselerasi dengan halus dan mengerem dengan halus. Dengan hanya  menghaluskan cara mengemudi Anda sambil melihat jauh ke depan, maka Anda dapat menghemat bahan bakar hingga 10% atau lebih di setiap jalan dan rute yang Anda lalui sehari-hari.

  1. Turunkan kecepatan jelajah kendaraan Anda. Sebagian besar kendaraan memiliki konsumsi bahan bakar yang irit pada kecepatan konstan di kisaran 80-90 km/jam. Penambahan kecepatan 8 k/jam di atas kecepatan 90 km/jam akan menurunkan efisiensi bahan bakar secara signifikan.
  2. Gunakan penyejuk kabin (AC) secara bijak. Menghidupkan AC mungkin dapat menghemat bahan bakar, namun ia akan membuat boros saat menggunakannya di waktu yang kurang tepat. Mematikan AC dan membuka jendela di cuaca panas dapat menghemat bahan bakar saat berada di perkotaan. Namun jika meluncur melebihi kecepatan 64 km/jam maka lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk melawan hambatan angin (akibat jendela terbuka) dibanding energi untuk menggerakkan kompresor AC. Pada kecepatan tinggi di cuaca yang panas, menghidupkan AC merupakan pilihan yang cerdas dibanding membuka jendela lebar-lebar dan mematikan AC.
  3. Rawatlah kendaraan secara rutin. Pelumas mesin mempengaruhi sekali konsumsi bahan bakar. Passikan Anda menggantinya secara teratur dan pastikan pula mekanik Anda menggantinya dengan spesifikasi yang benar dan sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda.
  4. Periksa tekanan angin ban. Biasakan memeriksa ban secara visual  sebelum Anda menjalankan kendaraan. Tetapi setidaknya sebulan sekali Anda memeriksa tekanan ban secara akurat dan pastikan tekanannya sesuai dengan anjuran pabrik.
  5. Hindari bepergian saat kepadatan lalu lintas tengah dalam puncaknya. Stop ‘n go, stasioner dan merayap di kemacetan akan membuat pengeluaran Anda kian membengkak. (OL-07)

Link : http://www.mediaindonesia.com/mediaoto/index.php/read/2011/03/21/2369/9/Tips-Hemat-BBM-Ala-GM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s