Cacar Air tak Sebabkan Kematian, Namun Jika Komplikasi Berakibat Sakitnya Parah


BANDUNG, (PRLM).- Cacar air (chicken pox) tidak menyebabkan kematian, namun komplikasi yang terjadi bisa mengakibatkan sakitnya bertambah berat. Untuk itu, pencegahan agar tidak terjadi komplikasi sangat perlu. Cacar air pada umumnya menyerang anak-anak. Demikian dikatakan Kepala Divisi Surveilans dan Evaluasi Produk PT Bio Farma (Persero) dr. Bambang H. Djalinus, MD., kepada “PRLM” di kantornya, Jln. Pasteur Bandung, Rabu (6/7).

“Komplikasi ini biasanya terjadi akibat terjadi infeksi sekunder. Misalnya masuknya bibit penyakit atau kuman karena pecahnya gelembung berisi cairan. Komplikasi bisa menyerang organ-organ tubuh,” ungkapnya.

Untuk itu, tambah Bambang, diupayakan agar gelembung cairan yang tersebar di permukaan kulit jangan sampai pecah. Gelembung berisi cairan di permukaan kulit dapat pecah, salah satunya dengan cara digaruk. “Tanpa sadar bisa saja anak-anak menggaruk gelembung yang berisi cairan ini karena penyakit ini juga menimbulkan rasa gatal,” ucapnya.

Upaya lainnya dengan meningkatkan daya tubuh penderita melalui asupan gizi yang seimbang dan banyak minum air. Selain itu, penderita memakan obat sesuai anjuran atau petunjuk dokter. “Salah satu penyebab seseorang terkena penyakit cacar air disebabkan daya tahan tubuh seseorang sedang menurun,” tuturnya. (A-62/das)***

link : http://www.pikiran-rakyat.com/node/151068

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s