Program Imunisasi di Indonesia: Menjangkau setiap anak


Mengapa Program Imunisasi Rutin dibutuhkan? Di Indonesia, 460 bayi dan anak meninggal setiap harinya disebabkan oleh penyakit yang sebagian besar sebenarnya dapat dicegah melalui vaksinasi.

Tahukah Anda?, Bahwa dalam 24 jam,  ada sekitar 460 bayi dan anak yang meninggal akibat penyakit yang sebenarnya dapat dicegah melalui vaksinasi. Kalau kita mau memukul rata bayangkan ada berapa anak yang meninggal dalam satu, lima, atau bahkan 10 tahun, hal ini bisa menyebabkan hilangnya satu generasi yang sebenarnya mereka (anak – anak ini) mempunyai potensi untuk menjadi maju.

Untuk mencegah hilangnya generasi potensial, negara harus memastikan bahwa sekitar 5 juta bayi yang baru lahir setiap tahunnya, mendapatkan vaksin lengkap dan tepat pada waktunya. Hal ini dilakukan semata – mata untuk melawan tujuh penyakit yang mematikan seperti : Difteri, Tetanus, Pertusis (Batuk Rejan), Polio, Campak, Hepatitis B, dan Tuberculosis (TBC). Data dari Unicef pada tahun 2007 menunjukan bahwa  6 dari 10 anak di Indonesia yang memperoleh program imunisasi secara lengkap. Bahkan 9 dari 100 anak tidak memperoleh vaksinasi sama sekali, angka ini menunjukan bahwa tidak semua Warga Negara Indonesia menyadari pentingnya vaksinasi / imunisasi. Sedangkan dari sisi persentase anak-anak yang memperoleh tiga vaksinasi lengkap untuk DPT hanya 66.7 persen. Persentase imunisasi untuk hepatitis B adalah 60.3 persen; untuk tuberkulosa 85.4 persen, untuk Polio 73.5 persen, dan untuk campak 76.4 persen.

Tujuan dari program pemberian imunisasi pada tahun 2014 yang akan datang,  untuk memberikan imunisasi menyeluruh bagi semua anak baik di kota maupun di desa dimana jumlah anak mendapatkan imunisasi lengkap di tingkat nasional paling sedikit mencapai 90 persen sementara di tingkat kabupaten setidaknya mencapai 80 persen. Dengan demikian, Indonesia akan mencapai: –

–        Mempertahankan status bebas dan pemberantasan polio

–        Mempertahankan status penghapusan tetanus pada bayi baru lahir

–        Mengontrol dan menghapus infeksi campak

–        Mengontrol penyakit-penyakit lain yang bisa dicegah dengan imunisasi

Sumber : http://www.supportunicefindonesia.org/index.php/campaign/detil/191/id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s