Gallery

Waspada! Herpes Bukan Penyakit Kotor, Siapa Pun Bisa Terkena


Oleh : Dita Gita Listian

Seringkali kita menganggap remeh apabila merasa gatal pada daerah kulit yang kemudian timbul gelembung-gelembung yang berisi air beserta rasa perih dan panas. Waspada! Mungkin itu merupakan awal dari penyebaran virus yang akan menyerang bagian kulit lainnya pada tubuh kita. Penyakit cacar atau biasa disebut Herpes oleh kalangan medis terjadi akibat infeksi yang disebabkan oleh virus.

Banyak yang berasumsi bahwa penyakit Herpes adalah penyakit “kotor” yang biasanya terjadi pada orang-orang yang sering melakukan hubungan seksual yang tidak bertanggung jawab. Padahal timbulnya penyakit Herpes tidak selamanya terjadi pada orang-orang yang demikian. Siapa pun dapat terserang oleh penyakit ini. Tidak mengenal usia tua atau muda bahkan bayi sekalipun dapat terserang penyakit ini.

Penyakit Herpes itu dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Herpes Simpleks dan Herpes Zoster.

  1. 1.      Herpes Simpleks

Gejala pertama biasanya gatal-gatal dan kesemutan atau perasaan geli, diikuti dengan lepuh yang membuka dan menjadi sangat sakit. Infeksi ini dapat dorman (tidak aktif) dalam sel saraf selama beberapa waktu. Virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) adalah penyebab umum untuk luka-luka demam di sekeliling mulut dan dapat menyebabkan infeksi pada kelamin. Sedangkan Virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2) biasanya menyebabkan herpes kelamin dan dapat menginfeksikan daerah mulut melalui hubungan seks.

Di Indonesia belum diketahui pasti jumlah orang pengidap penyakit herpes. Hal ini dikarenakan belum ada keterbukaan diri dari penderita. Rasa malu yang masih menyelimuti diri penderita akibat judge dari masyarakat bahwa penyakit herpes adalah penyakit “kotor”. Di AS, kurang lebih 45 juta orang memiliki infeksi HSV – kurang lebih 20% orang di atas usia 12 tahun. Infeksi HSV-2 lebih umum pada perempuan. Di AS, kurang lebih satu dari empat perempuan dan satu dari lima laki-laki terinfeksi HSV-2. HSV kelamin berpotensi menyebabkan kematian pada bayi yang terinfeksi.

Cara penularan HSV-1 secara kontak fisik langsung, biasanya dari orang ke orang melalui berciuman. HSV-1 juga dapat menyebar dari mulut ke alat kelamin selama seks oral. HSV-2 paling sering ditularkan lewat seks vaginal dan seks anal. Virus HSV-2 tidak dapat bertahan lama pada permukaan nonhidup sehingga tidak akan terjadi penularan melalui toilet atau bak mandi ai panas.

  1. 2.      Herpes Zoster

Nah, ini dia salah satu penyakit Herpes yang sering disebut dengan cacar ular karena penyakit ini umumnya menyerang area dada setinggi jantung sampai ke punggung. Bentuknya melingkar seperti ular dari depan (dada) sampai kebelakang (punggung). Herpes ini disebabkan kembali aktifnya virus varicella zoster yang menyebabkan cacar air. Virus ini tetap bersembunyi dalan tubuh dan bisa aktif lagi jika kondisi tubuh menurun. Herpes zoster hanya dapat terjadi setelah kita mengalami cacar air. Jika orang yang sudah menderita cacar air berhubungan dengan cairan dari lepuh herpes zoster, kita tidak dapat ‘tertular’ herpes zoster. Namun, kita yang belum menderita cacar air dapat terinfeksi herpes zoster dan mengembangkan cacar air.

Bila dibayangkan memang ‘ngeri’ sekali. Tetapi kita dapat mencegahnya dengan cara selalu menjaga kebersihan tubuh, alat mandi sebaiknya tidak digunakan secara bersamaan dan tidak berganti-ganti mitra seks. Ketika melakukan hubungan seksual sebaiknya menggunakan alat pengaman seperti kondom dan lebih waspada ketika memiliki gejala rasa gatal, panas dan perih pada bagian kulit tubuh tertentu yang kemudian menjadi gelembung-gelembung air. Ingat! Herpes dapat aktif tanpa gejala.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s