Gallery

Bernyanyilah Agar Tak Depresi


Vera Farah Bararah – detikHealth

Jakarta, Selama ini menyanyi hanya dilakukan orang untuk menyalurkan hobi atau mengisi waktu luangnya. Tapi terapis menggunakan kekuatan dari bernyanyi untuk meningkatkan kepercayan diri serta mengatasi depresi.

Salah satu teknik yang digunakan adalah Psychophonie yang dikembangkan di Perancis. Terapi ini memungkinkan terapis menggunakan musik dan irama untuk meringankan kondisi seperti kecemasan, depresi dan kecanduan sesuatu.

Ide bernyanyi sebagai terapi suara sangat menarik dan umumnya lebih disukai oleh masyarakat. Hal ini karena teknik bernyanyi lebih mudah dilakukan dan dengan bernyanyi seseorang bisa mendapatkan kembali kepercayaan dirinya sehingga mengurangi kecemasan atau depresi.

Chloe, seorang terapis menyanyi dan guru menuturkan setiap orang bisa melakukan terapi ini dengan cara berusaha mencari suara otentik atau suara sejatinya, yaitu salah satu suara yang berasal dari emosi dasar di dalam tubuhnya.

Seseorang harus bisa menemukan terlebih dahulu posisi yang membuatnya nyaman ketika bernyanyi. Setelah itu temukan perasaan yang dialaminya dengan tepat, lalu mulainya bernyanyi. Semakin banyak energi yang dimasukan ke dalam tubuh saat bernyanyi akan membuat seseorang lebih santai sehingga ia menjadi merasa lebih baik.

Selain itu setiap suara yang disertai dengan salah satu posisi seni bela diri bisa membantu membuka pikiran dan tubuh seseorang. Misalnya saat orang bernyanyi sambil merentangkan lengannya ke atas kepala akan membantu mengisi energi tubuh dan juga membangkitkan suara sejatinya.

“Bernyanyi adalah salah satu bentuk keberanian untuk mengungkapkan perasaan yang sesungguhnya, karena saat itu ia akan bernyanyi tanpa rasa takut dan kadang bisa sangat emosional sehingga ia menangis, marah atau sedih,” ungkap Chloe, seperti dikutip dari Dailymail.

Jika seseorang berpikir ia tidak bisa bernyanyi, hal ini karena ia menekan suara sejatinya. Tapi setelah ia membiarkannya keluar, maka ia akan mengalami peningkatan kepercayaan diri dan menghilangkan segala rasa takut atau cemas yang dapat memicu depresi.

“Dengan bernyanyi bisa membantu seseorang berbicara dengan pikirannya sendiri yang akan mmebuatnya merasa lebih ringan dan juga bahagia, sehingga seseorang bisa menggunakan kekuatan bernyanyi untuk menghilangkan depresi,” ujar Chloe.

 

Link: http://www.detikhealth.com/read/2010/12/27/103320/1533155/766/bernyanyilah-agar-tak-depresi?ld991107763

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s