Vaksin Terbukti Turunkan Angka Kematian Bayi


Vaksinasi atau biasa dikenal dengan istilah imunisasi sudah dikenal lama khususnya oleh kalangan ibu-ibu. Namun hingga kini masih ada “black campaign” tentang vaksinasi hingga membuat beberapa masyarakat masih ragu-ragu untuk memberikan vaksinasi bagi anak-anak dan bayi.

Manager Public Relation (PR) PT Bio Farma (Persero) N Nurlela, mengatakan faktanya, sampai saat ini masih banyak orangtua yang mengkhawatirkan vaksinasi (imunisasi) terhadap anak-anaknya karena beredar kabar bahwa vaksin yang digunakan tidak aman. Ada pula pihak-pihak tertentu yang melakukan  “black campaign” mengenai vaksin entah dengan tujuan apa.

Sementara itu beberapa waktu lalu pernah beredar berita tentang kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

“Dan kenyataannya pula berdasarkan hasil pemeriksaan oleh dokter-dokter ahli di bidangnya terbukti bahwa dari kasus-kasus tersebut, karena sebelum diimunisasi mereka sudah menderita tuberkulosis di tulang belakang yang sudah berlangsung lama dan bukan akibat dari imunisasi,” kata Nurlela di ruangannya, Senin (3/10).

Selain itu, lanjutnya, pernah ada pula ketika terjadi wabah polio di Jawa Barat, beberapa anak lumpuh setelah diberikan vaksin polio. Ternyata dengan pemeriksaan virus (virologi) terbukti bahwa kelumpuhan tersebut diakibatkan virus polio liar yang sudah menyerang anak-anak tersebut sebelum mereka mendapatkan imunisasi polio.

“Dan beberapa KIPI berat lain, setelah diperiksa oleh ahli-ahli di bidangnya terbukti terjadi akibat penyakit lain yang sudah ada sebelumnya serta bukan diakibatkan oleh imunisasi. Karena sebenarnya vaksinasi itu aman dan bermanfaat untuk menurunkan angka kematian bayi dan balita,” ujarnya. (tif)

link : http://jabar.tribunnews.com/read/artikel/95171/vaksin-terbukti-turunkan-angka-kematian-bayi-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s