Waspadai Bintik Merah di Dahi Balita


INILAH.COM, Bandung – Orangtua yang memiliki bayi di bawah lima tahun (balita) patut mewaspadai gejala-gejala campak yang ada pada tubuh anaknya.

Paling penting dicermati adalah demam, batuk, pilek, mata merah, dan gejala khas muncul bintik merah pada dahi atau belakang telinga yang menyebar ke seluruh tubuh.

“Penyakit campak disebabkan virus morbili (myxovirus viridae). Gejala penyakit ini adalah demam yang disertai batuk, pilek, dan mata merah. Paling diwaspadai gejala khas campak yakni bintik merah di dahi atau di belakang telinga yang nanti menyebar ke seluruh tubuh,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Jabar Alma Luciati kepada INILAH.COM saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (16/10/2011).

Alma mengatakan, sebagian besar penyakit campak bisa sembuh dalam kurun waktu tertentu. Campak akan menjadi lebih fatal apabila menyerang anak yang kurang gizi serta kekerangan vitamin A.

“Penyakit campak memang umumnya menyerang pada anak di bawah umur lima tahun. Namun bisa dicegah kalau anak itu mendapat imunisasi berkala dan berkelanjutan,” jelasnya.

Alma menambahkan, KLB campak sempat terjadi di Provinsi Jatim beberapa waktu lalu yang menyebar di 10 kabupaten/kota. Ironisnya, pada tahun 2011 ini wabah campak sudah terjadi sebanyak tujuh kali.

“Di Jabar tidak boleh terjadi. Kita lakukan antisipasi dan pencegahan dengan imunisasi massal tanggal 18 Oktober nanti,” tegasnya. [gin]

link : http://www.inilahjabar.com/read/detail/1785738/waspadai-bintik-merah-di-dahi-balita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s