Mata Kuning dan Nafsu Makan Berkurang Tanda Hepatitis


Serangan hepatitis belakangan ini kerap menghiasi pemberitaan di media. Apalagi setelah penyakit ini mewabah di satu sekolah di Depok. Bagaimana gejala dan pencegahannya? Yuk ikuti penjelsan dr Arief Yulizar Mars.

Menurutnya, istilah Hepatitis dipakai untuk semua jenis peradangan pada hati (lever). Penyebab penyakit hepatitis (infeksi pada hati) biasanya disebabkan oleh virus. Ditandai dengan menurunnya fungsi dari hati/lever. Pada penyakit tertentu yang disebabkan oleh bakteri/kuman bisa juga merangsang timbulnya hepatitis.

Virus hepatitis juga ada beberapa jenis, seperti hepatitis A,B,C,D,E,F dan G. Manifetasi penyakit hepatitis akibat virus bisa akut (hepatitis A) dapat pula hepatitis kronik (hepatitis B,C) dan adapula yang kemudian menjadi kanker hati (hepatitis B dan C).

Seringkali infeksi hepatitis A pada anak-anak tidak menimbulkan gejala, sedangkan pada orang dewasa menyebabkan gejala mirip flu.

“Rasa lelah, demam, diare, mual, nyeri perut, mata kuning dan hilangnya nafsu makan, biasa menjadi gejala hepatitis pada orang dewasa,” jelas Arief.

Gejala hilang sama sekali setelah 6-12 minggu. Orang yang terinfeksi hepatitis A akan kebal terhadap penyakit tersebut. Berbeda dengan hepatitis B dan C, infeksi hepatitis A tidak berlanjut ke hepatitis kronik.

Masa inkubasi 30 hari. Penularan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi feces pasien, sayur yang tidak dimasak atau makan kerang setengah matang.

Saat ini sudah ada vaksin hepatitis A, yaitu memberikan kekebalan selama 4 minggu setelah suntikan pertama. Untuk kekebalan yang panjang diperlukan suntikan vaksin beberapa kali. Pecandu narkotika dan hubungan seks anal, temasuk homoseks merupakan risiko tinggi tertular hepatitis A.

Editor: Anita K Wardhani  |  Sumber: Tribun Lampung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s