Perawatan di Salon Bisa Tularkan Hepatitis


Memanjakan tubuh di salon dengan berbagai perawatan kecantikan seperti perawatan kuku atau penataan rambut sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar perempuan. Walau perawatan-perawatan itu bisa meningkatkan rasa percaya diri namun ternyata ada bahaya kesehatan yang mengintai.

Menurut laporan terbaru yang disampaikan dalam pertemuan the American College of Gastroenterology ke-76 di Washington D.C, AS, terungkap risiko penularan hepatitis melalui alat-alat yang biasa dipakai di salon.

Alat-alat yang bisa menjadi sumber penularan infeksi antara lain alat untuk manicure, pedicure, dan pisau cukur. Menurut Dr.David A.Johnson, seorang peneliti, bila tidak disterilkan alat-alat tersebut bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman bahkan menularkan penyakit yang ditularkan oleh darah seperti hepatitis B dan C.

“Kuncinya adalah pada kepatuhan pemilik salon untuk membersihkan dan menggunakan disinfektan untuk mencegah penyebaran penyakit,” kata Johnson, ketua divisi gastroenterologi dari Eastern Virginia Medical School.

Ia menambahkan isu mengenai infeksi lewat alat salon memang bukan hal baru. Evaluasi dilakukan setelah adanya kasus penularan hepatitis C akut yang diduga kuat disebabkan karena perawatan manicure/pedicure. Dalam penelitiannya ia menganalisa 18 studi yang menyebutkan ada kemungkinan penularan hepatitis B dan C dari alat salon.

Memastikan bahwa alat-alat salon yang dipakai sudah steril memang agak sulit, tetapi Dr.Johnson menyarankan agar kita membawa alat menicure atau pedicure sendiri, terutama jika Anda termasuk orang yang gemar melakukan perawatan di salon.

link : http://health.kompas.com/read/2011/11/16/15274917/Perawatan.di.Salon.Bisa.Tularkan.Hepatitis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s