Vaksin Campak Aman Dikonsumsi, Muhammadiyah Dukung Fatwa MUI


Padang, MinangkabauNews — Issue vaksin campak yang mengandung lemak babi yang berasal dari kaum Yahudi yang dibantah oleh keluarnya fatwa Majelis Ulama Indonesia, pernyataan haram tentang vaksin ini berasal dari kaum yahudi berasal dari salah satu Ormas Islam yakni HTI.

 

Menyikapi hal tersebut pemerintah provinsi Sumatera melalui dinas kesehatan Sumatera Barat mengumpulkan seluruh ormas se-Sumbar di Auditorium Sumatra Barat, Selasa (19/10). Guna pembahasan tentang halal atau tidak vaksin campak dan dampak yang ditimbulkan kepada balita jika tidak diberikan vaksin tersebut. Hadir dalam cara tersebut PW Muhmmadiyah Sumbar, Perti, Ikadi, NU, MUI dan Dinkes Sumbar.

Menyikapi persoalan ini Muhammadiyah mendukung penuh program imunisasi campak sesuai dengan keputusan PP Muhammadiyah sebgai bentuk tindak preventif bahaya penyakit campak yang bias mengancam kesehatan anak-anak khususnya Balita.

Ketua PWM, H. Dasril Ilyas mengatakan penggunaan vaksin harus dilihat masalhatnya terutama bagi anak, karena tiap hari ratusan bayi lahir setiap harinya, jadi kebutuhan mendesak perlu diantisipasi semaksimal mungkin.

“Kita mendukung proram imunisasi campak sebagai upaya preventif kepada balita, ini sesuai dengan fatwa MUI,” katanya. Lebih jauh ia mengatakan lemak babi hanya wadahnya saja sementara enzim babi tidak adalagi namun muhmmadiyah merekomendasikan boleh menggunakan vaksin tersebut selama belum ditemukan vaksin yang baru, lagian kebutuhan vaksin tidak dapat ditunda.

Link : http://minangkabaunews.com/artikel-1319-vaksin-campak-aman-dikosumsi-muhammadiyah-dukung-fatwa-mui.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s