Kasus Hepatitis di SDN Jati Bukan KLB


BATUJAJAR,(GM)-
Kasus penyebaran hepatitis A yang menimpa siswa SDN Jati, Desa Sarimukti, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat (KBB), tidak dikatagorikan kedalam kejadian luar biasa (KLB). Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Bandung Barat (KBB), drg. Hernawan, Jumat (25/11).

“Hingga sejauh ini masih dapat ditangani, dan penyebarannya pun tidak meluas. Laporan dari lapangan hanya terjadi di lingkungan SD Jati saja,” kata Hernawan.

Masih menurut Hernawan, puskesmas lainnya di KBB tidak menemukan adanya penyebaran penyakit tersebut. Bahkan 6 siswa SDN Jati yang dinyatakan mengidap hepatitis pun berangsur pulih dan sembuh. “Meskipun demikian, kejadian tersebut menjadi warning bagi sekolah dan masyarakat pada umumnya untuk lebih memperhatikan kesehatan lingkungan,” ujarnya.

Saat disingung sampel makanan yang dikirim ke Balai Pengembangan Laboratorium Kesehatan (BPLK), Jln. Sederhana, Kota Bandung, Hernawan mengatakan pihaknya masih menunggu hasilnya. “Hasilnya belum ada. Nanti kita cek dulu ke BPLK,” ujarnya.

Dikirimnya sejumlah sampel makanan jajanan sekolah tersebut, didasarkan pada dugaan kuat penyebaran virus tersebut terjadi melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi oleh lingkungan yang juga tidak sehat.

Diberitakan sebelimnya, sebanyak 6 siswa SD Negeri Jati, Desa Sarimukti, Kec. Cipatat, KBB dinyatakan mengidap hepatitis. Diperkirakan menyebarnya virus hepatitis tersebut bersumber dari kondisi lingkungan dan makanan yang tidak sehat

Dalam pemeriksaan yang dilakukan tim dari Puskesmas Cipatat, ditemukan adanya tanda-tanda klinis seperti panas, nyeri ulu hati, mual, lemas, dan pada sebagian siswa lainnya ditemukan adanya tanda-tanda mata dan tubuh terlihat kuning.

Meningkatkan kesehatan lingkungan merupakan di sekolah menjadi perhatian utama dalam melakukan pencegahan atas penyebaran virus tersebut. Dengan adanya upaya meningkatkan kebersihan di lingkungan sekolah, potensi penyebaran virus akan diminimalisasi. (B.68)**

link : http://www.klik-galamedia.com/indexnews.php?wartakode=20111126100405&idkolom=padalarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s