128 Anak Menderita Cacar Air di Sukabumi


SUKABUMI (Pos Kota) – Sedikitnya 128 anak di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menderita penyakit cacar air (varicella simplex). Penyebarannya melalui udara oleh infeksi virus varicella zoster.

“Mayoritas yang menderita cacar air ini anak berusia SD dan sebagian balita. Ini merupakan hasil pendataan terakhir kami hingga sekarang mulai 7 Desember lalu,” kata kata Kepala Seksi Pengamatan dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Sri Yasti kepada wartawan, Jumat (16/12).

Disebutkan Sri, dari hasil pendataan ke lapangan di Kecamatan Surade, tersebar di beberapa desa antara lain Pasir Ipis, Pasir Pendeuy. Ditegaskan Sri untuk mengantisipasi penyakit tersebut, dinkes langsung menerjunkan petugas untuk memberikan obat Asiklovir.

“Sampai sejauh ini para penderita cacar air kondisinya sudah membaik. Kita melakukan penanganan yang cepat dengan memberikan obat,” jelasnya.

Gejala awal cacar air, kata Sri, penderita akan merasa demam, pilek, cepat lelah, lesu, dan lemah. Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing.

“Kemudian ada tanda kemerah-merahan pada kulit. Biasanya bintik-bintik ini berada di permukaan kulit perut, dada, dan organ lainnya. Tapi kami tegaskan, kasus penyakit ini belum termasuk kejadian luar biasa (KLB),” tegasnya. (sule/dms)

link : http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/12/16/128-anak-menderita-cacar-air-di-sukabumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s