Gallery

Vaksinasi Juga Penting untuk Orang Dewasa


VIVAnews – Beberapa jenis vaksinasi memang diberikan pada usia anak- anak, dan sepertinya lebih ramai dibperbincangkan di kalangan ibu- ibu. Tapi apakah Anda yang berusia dewasa lantas tidak perlu mendapatkan vaksinasi karena memiliki kekebalan tubuh yang lebih dibandingkan dengan usia anak. Tidak juga, beberapa vaksin ini sangat diperlukan untuk pencegahan penyakit, terutama bagi para wanita dan usia lanjut.

– Human Papillomavirus (HPV)

Pada para wanita, virus ini dapat mengakibatkan kanker rahim, terutama bagi mereka yang sudah melakukan hubungan seksual atau melakukannya secara aktif. Nah jika Anda belum mendapatkan vaksin ini, segera lakukan. Vaksinasi ini dapat diberikan kembali setelah 5 tahun.

– Pneumokok

Vaksinasi pneumokok sangat disarankan bagi orang berusia 60 tahun keatas. Ini sebagai pencegahan pada penyakit radang paru- paru. Penyakit ini memang sudah familiar, namun banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana mencegahnya terutama radang paru- paru yang disebabkan oleh TBC. Bagi Anda yang sudah pernah mengalami gangguan kardiovaskuler, ginjal, dan diabetes, sangat disarankan untuk melakukan vaksin ini.

– Hepatitis A dan B

Sama halnya dengan paru- paru, hepatitis juga banyak ditemukan di Indonesia. Coba perikasakan diri ke laboratorium, apakah ada indikasi gangguan pada hati. Jika Anda belum memiliki imunitas terhadap hepatitis A ataupun B, vaksin ini sangat diperlukan.  Vaksin Hepatitis A diberikan 2 kali, sedangakan untuk Hepatitis B sebanyak 3 kali dengan tenggat waktu 6 hingga 12 bulan setelah penyuntikan pertama.

– Meningococcal

Penularan virus meningococcal terbilang sangat cepat, sepertihalnya flu. Virus ini masuk melalui saluran pernafasan dan akan menyerang selaput otak terutama saat daya tahan tubuh menurun. Jika Anda bermaksud melakukan perjalan ke negara lain masih terindikasi virus yang menyebabkan radang otak ini, lakukan vaksinasi 2 minggu sebelum hari keberangkatan.

– Tetanus

Jangan pernah menganggap sepele pada luka, jika tidak steril, tetanus dengan mudah menjangkit.  Bagi Anda yang berusia di bawah 65 tahun, sangat disarankan. Demikian juga bagi para wanita hamil, vaksinasi ini dilakukan sebagai hal wajib untuk mempersiapkan persalinan. Pada wanita hamil yang pernah mendapatkan vaksin ini lebih dari 10 tahun lalu, Anda bisa mengulangnya kembali pada usia tri semester kedua atau ketiga kehamilan.

– Varicella

Cacar air, dapat menyerang siapapun saat  kekebalan tubuh menurun. Bahkan wanita yang sedang hamil muda, virus ini juga dapat menyebabkan keguguran. Konsultasikan ke dokter pribadi Anda kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan vaksinasi ini.

– Measles, Mumps dan Rubella (MMR)

Measles atau campak juga masik banyak dialami penduduk negara kita, tidak ada salahnya Anda melakukan vaksinasi measles di usia dewasa atau jika Anda ingin bepergian ke tempat- tempat yang masih banyak mengalami masalah ini.

Vaksinasi rubella juga sangat disarankan bagi wanita hamil untuk menghindari terjadinya kecacatan pada bayi, sedangkan mump atau gondong  juga dapat mencegah kemandulan pada kaum pria. (ren)

 

Link:http://kosmo.vivanews.com/news/read/292277-vaksinasi-juga-penting-untuk-orang-dewasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s