Gallery

Waspada.. Cacar Bisa Timbulkan Penyakit Komplikasi


TRIBUNPEKANBARU.COM-Penyakit yang satu ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Ibarat tamu tak diundang, cacar air kerap datang tiba-tiba tanpa pandang bulu. Tidak hanya anak-anak yang diserang tapi juga orang dewasa.Cacar air yang disebut Chickenpox adalah penyakit akut, menular akibat infeksi virus cacar air. Penyakit ini berbeda dengan cacar yang kini dinyatakan telah terbasmi dari muka bumi. Cacar air umumnya hanya mengenai anak kecil. Namun di negara tropis seperti Indonesia, penyakit ini ternyata banyak juga menghinggapi para remaja dan dewasa.Gejala yang dialami orang dewasa umumnya lebih parah dibandingkan pada penderita yang masih anak-anak. Penderita dewasa biasanya menderita demam lebih parah dan berlangsung lebih lama disertai sakit kepala. Pasien dewasa juga biasanya kehilangan nafsu makan dan merasa linu pada badan.

Kendati bisa disembuhkan, jangan sepelekan penyakit yang telah ratusan tahun dikenal orang ini karena bisa terjadi komplikasi sejumlah penyakit. Jika menyerang anak-anak, komplikasinya kebanyakan berupa infeksi varisel pada kulit.

Sementara pada orang dewasa, terutama perokok, kemungkinan terjadi komplikasi berupa radang paru-paru (pneumonia) 10-25 kali lebih tinggi dibandingkan pada anak-anak. Komplikasi yang langka tapi bisa terjadi berupa radang otak, radang sumsum tulang, kegagalan hati, hepatitis, serta kelainan pada otak dan hati. Bekas gelembung berisi cairan pun bisa meninggalkan bopeng yang mengganggu penampilan.

Gejala awal timbulnya penyakit cacar hampir sama dengan penyakit Flu. Kondisi badan terasa menurun atau tidak fit, lemah dan mudah capek. Mulai merasakan demam disertai flu ringan.  Mulai merasakan nyeri di pergelangan sendi dan ngilu , tapi tidak semua penderita mengalaminya, ada yang hanya demam beberapa hari.

Muncul bentol kemerahan seperti gelembung yang berisi air di permukaan kulit. Umumnya, muncul pertama kali di daerah dada. Setelah muncul bentol atau gelembung yang berisi air di seluruh tubuh, masa inkubasi dari cacar air ini adalah sekitar 2-3 minggu tergantung dari daya tahan tubuh penderita cacar air. Semakin kuat daya tahan tubuhnya, maka cacar air yang keluar di permukaan kulit hanya sedikit dan cepat mengering.

Dijelaskan dr H Ris Mohammad Abrar, dokter di Banjarmasin, cacar berasal dari varicella zooster (virus V-Z). Virus ini bisa ditemukan dalam cairan vesikel, darah penderita dan cairan selaput lendir, serta dapat menyebabkan penyakit herpes zoster.

“Mudah menular terhadap orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Terutama anak-anak karena daya tahan tubuh anak terkadang bisa menurun, selain itu juga menyerang ibu hamil. Penularan cacar air lewat percikan ludah orang sakit atau melalui cairan yang keluar bila gelembung-gelembung di kulit yang pecah,” jelas Abrar.

Penderita dapat menularkan penyakit ini 24 jam sebelum kelainan di kulit timbul sampai tujuh hari kemudian. Jika sudah tertular, segera periksakan penderita cacar air ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Umumnya dokter akan memberi beberapa obat seperti obat penurun panas untuk mengatasi demam, vitamin untuk menambah daya tahan tubuh, dan antivirus cacar air baik obat maupun salep

“Karena sangat mudah menular, penderita harus diisolasi sampai sembuh. Kesembuhan akan cepat dicapai jika keadaan umum penderita dijaga agar tetap baik. Mendukung penyembuhan, kualitas dan kuantitas makanan bagi penderita perlu dijaga. Jika daya tahan terus meningkat, proses penyembuhan akan berjalan cepat,” ujar Abrar.

Mengantisipasi agar tidak tertular cacar air, jaga daya tahan tubuh dengan baik melalui konsumsi  makanan bergizi,  prilaku hidup bersih dan sehat dan bisa juga melalui imunisasi untuk kekebalan terhadap penyakit tersebut.(*)

link: http://pekanbaru.tribunnews.com/2012/03/17/waspada..cacar-bisa-timbulkan-penyakit-komplikasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s