Gallery

103 korban “Tomcat” dirawat di puskesmas Surabaya


Surabaya (ANTARA News) – Sekitar 103 warga yang menjadi korban sengatan beracun kumbang rove atau Tomcat yang kulitnya terbakar atau melepuh dirawat di 13 Puskesmas di Kota Surabaya pada Selasa.

“Semua pasien tersebut cuma rawat jalan saja,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Esty Martiana Rachmie saat dihubungi dari Surabaya.

Menurut dia, korban sengatan serangga Tomcat itu dirawat di 13 puskesmas yakni puskesmas Keputih, Kenjeran, Mulyorejo, Pakis, Medokan Ayu, Pacar Keling, Sidotopo, Rangkah, Sawahan, Wiyung, Kebonsari, Sememi (Benowo) dan Putat.

Esty mengatakan pihaknya bersama dengan Dinas Pertanian sudah berusaha mengantisipasi penyebaran serangga yang sering juga disebut Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie itu ke wilayah lainnya.

“Kami juga ikut melakukan penyuluhan ke masyarakat terkait hal ini,” katanya.

Selama ini, kata dia, kebanyakan warga tidak tahu cara mengatasi sengatan serangga tomcat. “Kondisi pasien parah akibat serangganya itu dipukul sampai keluar cairan (racun) dan mengenai kulitnya sehingga terjadi reaksi sampai kulit melepuh,” ujarnya.

Ia menambahkan, sengatan serangga itu bisa diobati dengan obat anti infeksi dan anti alergi. “Menghilangkan kulit melepuh cukup salep kulit yang tersedia di puskesmas,” katanya.

Sementara Sekretaris Dinas Pertanian Pemkot Surabaya Hari Tjahyono, mengatakan pihaknya terus melakukan penyemprotan insektisida untuk mengenyahkan serangga tomcat.

Pihaknya, menurut Hari, juga melakukan penyemprotan dengan bahan nonkimia berupa air ramuan daun limbo, daun sereh dan lengkuas untuk mengusir serangga itu.

“Setelah diramu, airnya diperas da diambil sarinya. Hasilnya bisa mematikan tomcat dan tidak mematikan serangga lainnya,” katanya.(T.A052)

link: http://www.antaranews.com/berita/302284/103-korban-tomcat-dirawat-di-puskesmas-surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s