Gallery

Kasus HIV/Aids di Kupang meningkat


Kupang (ANTARA News) – Kasus HIV/AIDS di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam dua bulan pertama 2012 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Hal itu bisa dilihat dari perbandingan jumlah kasus yang terjadi di tahun 2012, yang dalam hitungan dua bulan sudah berjumlah 15 orang,” kata Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids (KPAD) Kota Kupang, Bastian Benufinit hari ini di Kupang.

Jumlah tersebut menurut dia, bisa merupakan langkah positif telah terjadi peningkatan semangat bagi kelompok beresiko untuk aktif melakukan pemeriksaan ke klinik VCT yang ada.

Tetapi juga sebaliknya, menggambarkan telah terjadi penyebaran sehingga peningkatan kasus semakin tinggi, yang tentunya sangat mengkhawatirkan masyarakat.

“Di sisi lain kita bisa bangga bahwa kesadaran warga untuk periksa ke VCT makin tinggi, tetapi juga bisa terjadi peningkatan yang cukup tinggi berkaitan dengan penyebarannya di daerah ini,” kata Benufinit.

Dia merincikan, dari data untuk dua bulan pertama tahun 2012 yang berjumlah 15 kasus, kasus HIV sebanyak 13 dan AIDS dua kasus.

Dari jumlah kasus menurut jenis kelamin, penderita berjenis kelamin laki-laki sebanyak delapan orang sedangkan sisanya tujuh orang adalah perempuan.

Selanjutnya, untuk kategori berdasarkan usia, pengidap terbanyak ada pada golongan usia 31-35 yang berjumlah lima orang, dan selanjutnya golongan usia 21-25 dan usia 26-30 masing-masing berjumlah tiga orang.

Sedangkan jumlah yang sisa, masing-masing berada di golongan usia, 36-40 satu orang, usia 41-45 satu orang, 46 hingga 50 tahun satu orang dan di atas usia 56 tahun berjumlah satu orang.

Menurut dia, jika perkembangan jumlah kasus ini merupakan bagian dari semakin sadarnya kelompok beresiko untuk memeriksakan diri ke klinik VCT, maka penting bagi pemerintah untuk meningkatkan layanan serta sumber daya di setiap klinik yang ada.

Dia menyebutkan, terdapat empat klinik VCT yang ada di Kota Kupang yang bisa digunakan kelompok berisikop tinggi untuk memeriksakan dirinya, masing-masing yang berada di RSU WZ Johannes Kupang, klinik VCT di RS Bhayangkara, RST Wira sakti, serta yang berada di Yayasan Tanpa Batas.

“Pemeriksaan darah dijamin gratis dan rahasia,” kata Benufinit.
(B017)

link : http://www.antaranews.com/berita/304536/kasus-hivaids-di-kupang-meningkat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s