Gallery

Awas! Demam Berdarah Dengue Mulai Mewabah


Penyakit Demam Berdarah Dengue atau biasa disingkat DBD biasanya akan mulai mewabah pada musim pancaroba seperti saat ini. Terbukti dengan mulai banyaknya pasien yang berdatangan ke rumahsakit di berbagai daerah di Indonesia dengan diagnosa DBD.

Hal tersebut terjadi karena nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, nyamuk penyebab penyakit tersebut, berkembang biak dengan pesat di genangan air hujan. Nyamuk yang aktif pada siang hari itu memang menjadi penyebar virus penyebab penyakit DBD.

Gejala awal penyakit Demam Berdarah Dengue adalah panas tinggi selama 2-7 hari. Biasanya disertai dengan rasa mual dan sakit perut dan beberapa kasus mengalami diare serta pegal pada persendian.

Untuk pemeriksaan laboratorium yang biasanya disarankan oleh tenaga medis, nampak penurunan kadar trombosit darah hingga dibawah 100.000/mm3. Namun penurunan kadar trombosit itu baru bisa dilihat setelah hari ke 3-7 sejak terinfeksi oleh virus DBD.

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu memberi obat penurun panas, dan membawa penderita ke dokter.

Yang harus selalu diingat saat sedang mengobati penderita DBD adalah, berusaha mencegah syok atau menurunnya kondisi tubuh penderita secara tiba-tiba dengan memberi banyak cairan.

Minimal penderita DBD harus minum minuman manis sebanyak 1,5-2 liter air sehari/24 jam. Biasanya jika telah dirawat di rumahsakit maka akan dilakukan pemberian cairan intravena atau infus.

Namun demikian penderita harus tetap diberi banyak minum agar tidak terjadi dehidrasi. Jus jambu biji adalah salah satu minuman yang terbukti mampu meningkatkan kadar trombosit dengan cepat. Madu juga bisa menjadi salah satu minuman yang boleh dikonsumsi oleh penderita DBD.

link : http://sidomi.com/85127/awas-demam-berdarah-dengue-mulai-mewabah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s