Gallery

Suntik Vaksin di Pagi Hari Lebih Efektif Bagi Pria


Ghiboo.com – Hingga kini, masih ada pro kontra mengenai vaksinasi. Banyak orang percaya bahwa vaksin tak ampuh membuat tubuh tetap kebal dari serbuan berbagai penyakit. Namun, jangan buru-buru menghindari vaksin.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa terdapat waktu yang berbeda dalam sehari antara wanita dan pria saat disuntik vaksin, sehingga dapat memastikan mereka mendapatkan perlindungan terbaik terhadap penyakit.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa vaksin tampaknya lebih efektif jika diberikan pada pria di pagi hari dibandingkan dengan siang hari. Sebaliknya, perempuan mengalami peningkatan sistem kekebalan tubuh mereka ketika divaksin pada siang hari, meskipun efeknya lebih kecil.

Temuan ini didasarkan pada penelitian dengan melihat efektivitas vaksin flu terhadap 89 pasien usia lanjut dan vaksin hepatitis A pada 75 orang muda. Peneliti menemukan bahwa setelah satu bulan diberikan vaksin hepatitis A atau vaksin flu, antibodi para pria yang disuntikkan pada pagi hari lebih tinggi dibandingkan pria yang disuntik di sore hari. Sementara itu, hanya ada peningkatan kecil bagi wanita yang disuntik di siang hari.

Para peneliti percaya bahwa perubahan hormon seks, seperti testosteron mungkin bertanggung jawab untuk mengubah respons terhadap vaksin sepanjang hari. Pria cenderung memiliki kadar testosteron lebih tinggi di pagi hari.

Peneliti juga mengklaim dengan pengorganisasian penyuntikan vaksin juga dapat mengurangi jumlah orang dirawat di rumah sakit akibat influenza dan mengurangi pengeluaran karena harus berobat.

link : http://health.ghiboo.com/suntik-vaksin-di-pagi-hari-lebih-efektif-bagi-pria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s