Gallery

Golongan Darah A Rentan Infeksi Perut


Jakarta, Golongan darah bisa menentukan peluang Anda untuk terinfeksi oleh strain rotavirus. Beberapa strain rotavirus menemukan jalan untuk masuk ke dalam sel saluran pencernaan dengan mengenali antigen yang berkaitan dengan golongan darah A.

Rotavirus adalah patogen usus utama yang menyebabkan dehidrasi dan diare parah pada bayi di seluruh dunia. Diperkirakan ada 500.000 orang di seluruh dunia yang meninggal karena infeksi ini setiap tahunnya.

Menurut sebuah studi baru di Baylor College of Medicine, AS, struktur kunci dari strain virus yang dikenal sebagai P [14] tersebut memberi petunjuk bagaimana virus ini menginfeksi sel-sel manusia.

Dalam strain rotavirus yang menginfeksi binatang, puncak lonjakan virus menempel pada sel melalui glikan (salah satu jenis struktur karbohidrat kompleks) dengan sebuah molekul asam sialic.

Namun tampaknya ini tidak terjadi pada strain virus yang menginfeksi manusia. Peneliti percaya bahwa strain rotavirus manusia terikat pada glikan dengan molekul asam sialic internal, tetapi peneliti tidak tahu bagaimana hal ini terjadi.

Bersama kolega di Emory (University School of Medicine), peneliti telah melakukan analisis susunan glikan untuk melihat glikan mana yang berinteraksi dengan puncak lonjakan virus (disebut VP8*).

“Satu-satunya jenis glikan yang berinteraksi dengan VP8* adalah jenis antigen histo-blood group A,” ujar Dr. B.V. Venkataram Prasad, profesor biokimia dan biologi molekular di BCM seperti dilansir dari New Kerala, Selasa (17/4/2012).

“Ini mengejutkan, Kami mengira ini pasti glikan dengan asam sialic,” imbuhnya.
Padahal antigen histo-blood group A tak memiliki asam sialic. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Nature.

Meski begitu, ketika salah satu peneliti di laboratorium Prasad, Dr. Liya Hu, menentukan struktur domain VP8*, ia menemukan bahwa glikan golongan darah A menjadi reseptor dan terikat pada protein lonjakan rotavirus di tempat yang sama dengan asam sialic yang mungkin dimiliki dalam rotavirus binatang.

Antigen histo-blood group memang dikenal mampu mengikat virus penyebab penyakit seperti norovirus dan sel Helicobacter pylori pada sel-sel usus, tetapi kemampuan ini belum pernah ditunjukkan untuk melawan rotavirus.

Dalam kolaborasinya dengan laboratorium Dr. Mary Estes, profesor virologi molekular dan mikrobiologi di BCM, Prasad dan koleganya menemukan bahwa sel-sel di laboratorium yang telah dimodifikasi untuk mengekspresikan antigen histo-blood group A dapat diinfeksi dengan mudah oleh strain rotavirus ini.

Sel-sel yang kekurangan antigen ini pun dapat diinfeksi dengan mudah.

Peneliti menemukan bahwa manusia yang terinfeksi oleh strain P [14] memiliki golongan darah A, namun masih banyak studi yang diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungannya.

link : http://health.detik.com/read/2012/04/17/130423/1894304/763/golongan-darah-a-rentan-infeksi-perut?l1101755hl

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s