Gallery

Respon Pasar Luar, Bio Farma Kembangkan Tujuh Vaksin


REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Pangsa vaksin Bio Farma yang juga berasal dari luar negeri menuntut perusahaan BUMN untuk melakukan pengembangan intensif. Pada tahun ini Bio Farma sedang getol melakukan riset dan pengembangan tujuh jenis vaksin baru

“Sedikitnya tujuh vaksin sudah memasuki tahapan riset dan pengembangan, salah satunya vaksin Penta Valent yang siap diproduksi pada akhir 2012,” kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT Bio Farma, Elvin Fajrul Jayasaputra, Senin (16/4). Penta Valent, papar Elvin, adalah vaksin yang merupakan gabungan lima vaksin yakni disentri, tetanus, pertusis, hepatitis B dan Haemophilus influenzae tipe B (Hib).

Sedangkan enam vaksin lainnya yang tengah dalam pengembangan dan tahap pengujian adalah vaksin rotavirus, Sabine Inactived Volio Vacine (IVP), New TB vacine, A pertusis dengan sistem ‘cold chain’, vaksin imono kontrasepsi untuk program Keluarga Berencana (KB) dan vaksin anti diabets.

“Progres pengembangan semua vaksin itu cukup bagus dan hasilnya positif. Penta Valent saat ini sudah mencapai pengujian tahap ketiga, sedangkan rotavitus saat ini masih dalam uji di laboratorium WHO ,”ujarnya.

Vaksin Penta Valent, imbuh Elvin, sudah bisa diproduksi massal akhir 2012. Sedangkan rotavirus untuk mencegah diare pada balita diperkirakan sudah bisa diproduksi pada 2015.

link : http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/04/16/m2ko6e-respon-pasar-luar-bio-farma-kembangkan-tujuh-vaksin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s