Gallery

Nyamuk Lebih Haus Darah Manusia Jika Cium Virus DBD


Jakarta, Virus demam berdarah bisa membuat nyamuk lebih merasa haus darah manusia. Bau virus DBD pada manusia akan membuat nyamuk lebih lapar.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di PLoS Pathogens, ahli nyamuk dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menemukan bahwa virus demam berdarah mampu mengubah produksi protein yang dibuat oleh 147 gen yang berbeda.

Beberapa perubahan tersebut membuat antena nyamuk lebih sensitif terhadap bau-bauan sehingga kemampuan nyamuk untuk berburu manusia menjadi lebih baik karena virus tersebut hanya ditemukan pada perantara mamalia.

Perubahan lainnya terjadi pada gen kelenjar ludah nyamuk sehingga virus tersebut lebih mudah masuk ke dalam ludah dan siap untuk diinjeksi.

Pengujian tersebut dilakukan dengan metode microarray genom menggunakan potongan DNA nyamuk Aedes aegypti. DNA microarray sendiri adalah suatu metode yang digunakan untuk menganalisis ekspresi gen dalam jumlah besar secara simultan. Namun ketika peneliti mencoba untuk mereplikasikan hasilnya pada nyamuk hidup, tidak terbukti nyamuk itu menjadi lebih lapar.

“Karena kami tidak dapat menginfeksi manusia untuk eksperimen ini, kami kira masalahnya ada pada hewan percobaannya,” kata George Dimopoulos, pemimpin studi ini, seperti dilansir dari New York Times, Selasa (3/4/2012).

Di dalam laboratorium, nyamuk harus meminum darah yang telah diinfeksi dari membran seperti balon lalu diberikan pada tikus agar nyamuk itu mengigitnya.

“Nyamuk akan memakan hewan lainnya jika merasa lapar, namun itu bukanlah makanan kesukaan mereka,” kata Dr. Dimopoulos.

Lebih dari 100 juta orang terinfeksi demam berdarah setiap tahunnya sehingga dikenal sebagai ‘demam pemecah tulang’ karena banyaknya rasa sakit yang diakibatkan.

Menurut World Health Organization, lebih dari 15.000 orang meninggal karenanya setiap tahun dan sebagian besar adalah anak-anak.

Hingga kini belum ditemukan vaksin atau pengobatan untuk penyakit tersebut.

link : http://health.detik.com/read/2012/04/03/123208/1883765/763/nyamuk-lebih-haus-darah-manusia-jika-cium-virus-dbd

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s