Gallery

Ilmuwan Temukan Vaksin Kanker Otak


Terbuat dari tumor.

Para ilmuwan sedang mengembangkan sebuah pengobatan baru yang dapat meningkatkan harapan hidup pasien dengan kanker otak.

Vaksin ini terbuat dari tumor pasien.

Vaksin suntik yang dikombinasikan dengan pengobatan standar yang terbukti efektif dalam uji klinis ini melibatkan 120 pasien di Amerika Serikat.

Semua pasien tersebut menderita glioblastoma (jenis tumor otak yang paling mematikan) yang membunuh 98 persen penderitanya dalam lima tahun. Penyakit ini umumnya diatasi dengan cara  operasi, radioterapi dan kemoterapi. Meski sudah menjalania serangkaian terapi tersebut, kaner otak tetap saja rentan kambuh.

Pada percobaan fase II, para ilmuwan menguji vaksin berdasarkan protein yang diambil dari hasil operasi tumor. Protein tersebut diproduksi oleh tubuh sebagai respon terhadap stres dan sangat aktif dalam sel kanker.

Dibandingkan dengan 80 pasien yang tidak divaksin, vaksin suntik rata-rata dapat meningkatkan harapan hidup lebih dari 40 pasien, selama beberapa bulan. Beberapa pasien yang diberi vaksin masih hidup setelah lebih dari setahun.

Dr Andrew Parsa, pemimpin percobaan dan ahli bedah saraf dari University of California di San Francisco, Amerika Serikat, mengatakan, dokter mungkin dapat memperpanjang kelangsungan hidup pasien dengan menggabungkan vaksin dengan obat lain yang dapat meningkatkan respon imun.

Uji coba tersebut dilakukan pada 4700 pasien secara acak untuk membandingkan efektivitas vaksin dengan kemoterapi dengan obat Avastin yang dilakukan oleh US National Cancer Institute.

Link : http://www.beritasatu.com/kesehatan/43491-ilmuwan-temukan-vaksin-kanker-otak.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s