Gallery

Vaksin Meningitis untuk di Atas 10 Tahun


Karena Indonesia tidak termasuk dalam zona sabuk penyakit meningitis.

Vaksin meningitis, menurut Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama hanya diberikan bagi yang berusia di atas 10 tahun.

“Izin edar vaksin meningitis yang ada di Indonesia saat ini hanya diberikan pada usia di atas 10 tahun, walapun di negara-negara Amerika dan Eropa sudah  dikeluarkan izin untuk diberikan pada anak usia 2 tahun ke atas, dengan alasan vaksin dinilai aman (bagi anak),” ujar Tjandra dalam keterangan pers di Jakarta, hari ini.

“Indonesia bukan daerah endemis, oleh karena itu, pemberian vaksin diberikan terutama pada mereka yang mungkin akan terpapar dengan masyarakat dari negara tersebut seperti saat menunaikan ibadah haji/umroh atau melakukan perjalanan ke daerah tersebut,” ujar Tjandra yang menjelaskan Indonesia tidak termasuk dalam negara yang di dalam zona “sabuk penyakit meningitis” seperti negara-negara yang terbentang dari Senegal barat hingga Etiopia timur.

Pemerintah Arab Saudi juga mewajibkan pemberian vaksin meningitis sebelum melakukan ibadah haji bagi jemaah dari seluruh negara setelah pernah terjadi wabah meningitis yang terjadi saat musim haji di negara tersebut.

Meningitis merupakan penyakit yang disebabkan mikroorganisme dan vaksin meningitis diberikan untuk melindungi risiko tertular infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang dan keracunan darah itu.

Tjandra menyebut memang ada reaksi ikutan pada imunisasi yang berbeda-beda pada tiap orang tergantung kondisi tubuh tiap individu, meskipun belum pernah dilaporkan adanya reaksi ikutan yang dianggap berbahaya.

“Reaksi ikutan juga dapat terjadi pada semua jenis obat dan makanan bahkan kondisi lingkungan yang sering dikenal sebagian besar orang sebagai reaksi alergi,” kata Tjandra.

Link : http://www.beritasatu.com/mobile/kesehatan/35197-vaksin-meningitis-untuk-di-atas-10-tahun.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s