MUI: Imunisasi Halal


JAKARTA, suaramerdeka.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan vaksin imunisasi sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh khususnya bagi anak-anak. MUI telah merekomendasikan bahwa dalam proses pembuatan vaksin imunisasi tidak ditemukan zat-zat yang dilarang dalam ajaran Islam sehingga imunisasi diperbolehkan untuk anak.“Sejauh penelitian yang kita lakukan bahwa hal yang diragukan dalam memproduksi vaksin tidak ditemukan secara subtansi. Artinya ada kebolehan pengunaan vaksin untuk anak-anak kita,” kata Wakil Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, dalam dialog bersama Pro 3 RRI, Senin (11/6).

Namun dia tetap meminta agar pemerintah  tetap menjamin kehalalan dalam proses pembuatan vaksin. Di dalam Islam, ujar Amirnyah, ada istilah “Istihalah” yakni ketika ada unsur yang meragukan harus dicuci supaya tidak mengandung najis. “Intinya setiap vaksin diberikan harus dijamin kehalalannya termasuk imunisasi oral dan suntik,” ujarnya.

Fatwa MUI mengenai vaksin mencakup oral atau tetes, suntik dan untuk jamaah haji. Imunisasi adalah upaya meningkatkan kekebalan tubuh seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga dapat mencegah/mengurangi pengaruh infeksi organisme alami ataupun yang ‘liar’. Karenanya, vaksinasi dan imunisasi sangat penting.

MUI menegaskan  pihaknya akan terus melakukan kontrol dan pengawasan yang ketat untuk produk-produk yang ada di pasaran. MUI mengemban misi dan amanah  memelihara dan melindungi umat, dengan ketetapan fatwa halal-haram. Sehingga umat terhindar dari hal-hal yang diharamkan dan dilarang agama. ( RED / CN27 / JBSM )

sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/06/11/120950/MUI-Imunisasi-Halal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s