Vaksinasi Hepatitis B Sebaiknya 12 Jam Pasca Kelahiran


Jakarta – Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) Rino. A Gani mengimbau kepada pemerintah agar segera mengeluarkan kebijakan terkait pemberian vaksinasi Hepatitis B kepada anak yang baru lahir paling lambat selama 12 jam. Menurutnya, pemberian vaksinasi selama seminggu setelah proses kelahiran sangat terlambat.

Dalam sela-sela konferensi pers di Kemkes, Jumat (20/7), Rino mengatakan, “Dari pedoman Kemkes, vaksinasi diberikan boleh dalam waktu 1 minggu. Tetapi nampaknya 1 minggu cukup telat. Karena itu, kita (PPHI –Red.) bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia, mengimbau kepada pemerintah untuk memberikan vaksinasi selama 12 jam setelah bayi lahir.”

Namun begitu, Rino mengakui bahwa keterbatasan sarana dan prasarana mempengaruhi kecepatan dari penyebaran vaksinasi, terutama di daerah-daerah pelosok. Hal ini dikarenakan, pada beberapa pulau-pulau kecil, vaksinasi harus dibawa dengan menyebarang pulau.

“Vaksin itu harus dalam keadaan dingin, namun apabila dibawa begitu saja, nanti bisa mengurangi kualitas dari vaksin tersebut. Masalah lainnya, bagaimanakah kondisi vaksin ketika disimpan di Puskesmas daerah, apakah sudah memnuhi kuota dan kriteria yabg dibutuhkan,” ujar Rino,

Rino menjelaskan, berdasarkan data Riskesdas 2007 terjadi perbedaan antara vaksinasi yang berhasil dengan angka kejadian Hepksinatitis B. “Seharusnya vaksinasi tersebut berhasil dan menekan, tetapi angka kejadiannya masih sangat tinggi. Karena itu, harus dilihat faktor-faktor yang bermasalah dalam pemberian vaksin,” ujar Rino.

Sedangkan, utntuk orang dewasa, Rino belum menyarankan untuk melakukan vaksinasi kembali. Menurutnya, vaksinasi bisa bertahan hingga 20 tahun lebih. Kalaupun anti-HBs negatif, nanti akan meningkat dengan sendirinya ketika virus masuk ke dalam tubuh. [WS]

Sumber:

http://www.gatra.com/kesehatan/73-kesehatan/15458-vaksinasi-hepatitis-b-sebaiknya-12-jam-pasca-kelahiran

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s