Imunisasi Benteng Para Prajurit dalam Menjaga Ketahanan Negara


prajurit

“Kemampuan nasional di bidang kesehatan merupakan benteng untuk  ketangguhan bangsa dan negara dalam menghadapi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang ditujukan pada pertahanan keamanan Negara,” hal ini disampaikan oleh Neily Gustina, Kasie Kesprev Subdisyankes Diskes AU pada acara sosialisasi advokasi untuk kesehatan ibu dan anak serta imunisasi dengan para pemateri lintas sektor, baru-baru ini di Kabupaten Jeneponto, provinsi Sulawesi Selatan.

Ketika ditanyakan hubungan penerbangan dengan imunisasi, Neily menyampaikan bahwa “Virus sangat mudah menular, ditularkan secara cepat melalui kegiatan penerbangan, sehingga bisa terjadi pandemi dalam waktu singkat ke seluruh dunia.  Akibatnya kemampuan pertahanan TNI akan menurun. Untuk itu, Imunisasi menjadi sangat penting untuk mencegah meluasnya suatu pandemi.”

Neily menambahkan sebagai benteng kesehatan bagi para prajurit, setiap tahunnya para prajurit ini diberikan imunisasi seperti vaksin Hepatitis B bagi para siswa sekolah penerbang, Invanteri, Suskomando, Setukba, Setukpa, Sekkau & Sesko AU. Sedangkan, untuk vaksin Tetanus Toxoid diberikan bagi para prajurit paskhas dan vaksin Meningitis bagi para prajurit yang ditugaskan  ke Timur Tengah.

Berkat imunisasi para prajurit dapat memperoleh hak untuk hidup sehat dan terhindar dari penyakit menular. Sehingga, mereka mampu untuk menjalankan tugas dan kewajiban mempertahankan bangsa dan negara Indonesia dengan baik. (LL/RW)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s