Penyakit-penyakit yang Gejalanya Baru Muncul Setelah Puluhan Tahun


vaksin

Hampir semua penyakit memerlukan waktu agar dapat membuat tubuh benar-benar jatuh sakit. Bahkan ada beberapa jenis penyakit yang membutuhkan waktu sampai puluhan tahun hingga kemudian memunculkan gejala. Pada penyakit ini, orang yang terlihat sehat tiba-tiba bisa jatuh sakit akibat infeksi yang pernah dialami puluhan tahun sebelumya.

Setelah adanya penemuan HIV, pandangan masyarakat mengenai penyakit makin terbuka. Virus penyebab AIDS ini bisa berdiam di dalam tubuh selama bertahun-tahun dan tidak menunjukkan gejala. Virus inilah yang menyadarkan manusia bahwa penampilan yang tampak sehat masih berpotensi menyebarkan penyakit mematikan. Seperti dilansir Gizmodo, Senin (30/7/2012), beberapa penyakit lain yang memerlukan waktu puluhan tahun sebelum menimbulkan gejala adalah sebagai berikut:

Kusta
Kusta adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia sampai-sampai penderitanya harus diasingkan dari lingkungan. Penyakit ini dapat menyebabkan pemendekan jari atau cacat tubuh sehingga menimbulkan masalah sosial, psikologis dan ekonomis.

Kusta disebabkan oleh bakteri yang melawan sistem kekebalan tubuh dan dapat berada dalam tubuh mulai dari hitungan minggu sampai 40 tahun sebelum gejalanya muncul. Bakteri kusta menyebar, berkompromi dengan sistem peredaran darah dan memungkinkan penderitanya tidak mengalami gejala karena membutuhkan waktu untuk mulai menyerang.

Gejala penyakit ini adalah bercak putih atau kemerahan pada kulit disertai mati rasa, kelemahan pada otot tangan, kaki dan mata. Pada 90% pasien, tanda awal penyakit ini adalah rasa tebal pada kulit yang berkembang menjadi lesi atau kelainan kulit dalam beberapa waktu tahun.

Penyakit Sapi Gila
Penyakit ini disebut juga sebagai encephalopathies spongiform dan bisa tertidur selama beberapa puluh tahun sebelum muncul gejalanya. Penyakit ini dapat menyerang domba, sapi dan manusia.

Penyakit ini disebabkan oleh prion, sejenis protein yang tidak memiliki asam nukleat. Oleh karena itu, prion sangat kebal terhadap radiasi dan suhu tinggi. Penyakit ini menggerogoti otak dan saraf, menghilangkan kemampuan tubuh mengontrol otot secara perlahan dan berakhir dengan kematian.

Prion mengubah protein tertentu dalam tubuh menjadi prion-prion lainnya. Lama masa inkubasi bisa bertahan hingga 30 tahun, tergantung pada kemampuan prion mengakses protein dan kemampuan tubuh untuk melawan. Pengobatan untuk penyakit ini masih belum ditemukan.

Penyakit Chagas
Konon kabarnya, Charles Darwin tertular penyakit ini selama melakukan ekspedisi ilmiahnya yang tersohor. Penyakit ini ditularkan oleh kutu vinchuca atau kissing bug yang menggigit bibir manusia ketika tidur. Dari gigitan itu, masuklah penyebab penyakit, parasit Trypanosoma cruzi ke dalam tubuh.

Pada awalnya, orang yang terinfeksi merasa tubuhnya menggigil, demam dan nyeri akut. Setelah beberapa waktu, gejalanya hilang namun parasit tidak ikut hilang. Parasit justru makin berbahaya sebab menyerang jantung dan usus. Berpuluh-puluh tahun kemudian, kerusakan yang ditimbulkan menjadi semakin parah. Kebanyakan orang yang terinfeksi mengalami gangguan pencernaan kronis. Organ jantung dan ususnya akan membesar kemudian akhirnya pecah atau rusak dan berujung pada kematian. (pah/ir)

sumber: http://health.detik.com/read/2012/07/30/183055/1978708/763/penyakit-penyakit-yang-gejalanya-baru-muncul-setelah-puluhan-tahun

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s