5 (Lima) Tips untuk Mendapatkan Suntikan Imunisasi


Apakah anda takut jarum suntik? Kebanyakan orang takut pada jarum suntik. Nah, hal itulah yang membuat beberapa orang takut melakukan imunisasi, karena takut dengan jarum suntik.Berikut beberapa tips bagi anda untuk mengatasi rasa takut sebelum disuntik :

  1. Alihkan perhatian Anda ketika sedang menunggu giliran. Bermainlah game, membaca buku, mendengarkan lagu – terkadang hal tersebut dapat mengalihkan ketakutan pada jarum suntik.
  2. Tarik nafas dalam-dalam, pelan-pelan. Tarik nafas anda dan hembuskan pelan-pelan. Cara ini bisa membuat orang merasa rileks – dan memikirkan hal lain selain jarum suntik.
  3. Fokus pada benda yang ada di ruangan. Cari lukisan, poster, atau tanda yang ada di dinding. Cari detail dari benda yang Anda amati. Misalkan Anda mengamati lukisan pemandangan, coba hitung jumlah pohon dan jumlah hewan yang ada di lukisan, dll. Apapun yang terjadi, tetaplah fokus pada benda yang Anda amati.
  4. Batuk. Beberapa penelitian menunjukkan batuk mengalihkan perhatian ketika sedang disuntik.
  5. Lemaskan lengan Anda. Jika Anda tegang – terlebih ketika Anda melihat dimana tempat Anda akan disuntik – hal ini membuat suntikan akan lebih sakit.

Ada orang yang mengalami pusing atau lemas setelah disuntik. Istirahatkan tubuh Anda dengan duduk selama 15 menit. Jangan ragu-ragu untuk mengatakan bahwa Anda tegang pada dokter. Mereka sudah terbiasa dan terlatih menghadapi orang-orang yang takut pada jarum suntik.

Semoga tips ini bermanfaat dan membuat Anda tidak takut lagi untuk disuntik imunisasi.

sumber  : disarikan dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s